Kamis, 28 Maret 2013

KSP Multi Pinjaman

Program Koperasi Simpan Pinjam Multi Pinjaman (KSP Multi Pinjaman)

Satu lagi produk baru dari LPK Famikom.

KSP Multi Pinjaman adalah program koperasi simpan pinjam dengan pinjaman lebih dari satu jenis pinjaman. Program koperasi KSP Multi Pinjaman flexible digunakan untuk berbagai jenis koperasi simpan pinjam seperti koperasi pegawai. Program koperasi dibuat berdasarkan pesanan khusus yang telah diaplikasikan dengan baik oleh sebuah perusahaan besar di Riau.

5 Keunggulan:
  • Menggunakan bahasa Query dan Visual yang terkenal kehandalannya dalam menyusun perintah-perintah pada form dan laporan sehingga mudah dan cepat dalam menampilkan data meskipun jumlah data banyak, mencetak data, mengisi data, mengedit data, menghapus data, mengurutkan data.
  • Sistem koneksi ke database ”undirect connection” atau koneksi tidak langsung akan menghindari bentrok saat database digunakan bersama-sama dalam jaringan. Berbeda dengan sistem sebelumnya yang masih menggunakan direct connection atau koneksi langsung. Sistem koneksi langsung cocok digunakan untuk stand alone atau tanpa jaringan, sedangkan sistem koneksi tidak langsung cocok digunakan untuk jaringan yang multi user.
  • Penyempurnaan bahasa secara otomatis akan mempermudah dalam pencarian data. Cukup menggunakan ”keyword” atau kata kunci maka data akan cepat ditampilkan. Pencarian menggunakan ”keyword” kami sebut sebagai model pencarian Google. Anda bisa lihat di Google, dengan satu kata kunci saja maka daftar jutaan website dapat ditampilkan dengan cepat hanya dalam hitungan ”detik” nyaris tanpa loading.
  • Program pinjaman dan program simpanan dibuat terpisah namun terintegrasi satu sama lainnya melalui jaringan otomatis yang telah dibuat standar. Pemisahan ini didasarkan job description antara bagian simpanan dan bagian pinjaman. Bagian simpanan hanya memiliki kewenangan yang berkaitan dengan administrasi simpanan sedangkan bagian pinjaman hanya memiliki kewenangan yang berkaitan dengan administrasi pinjaman.
  • Tingkat security atau keamanan program lebih ditingkatkan, akan sulit dibobol passwordnya karena database dan program telah dikunci ”berlapis dua”. Satu lapis untuk mengunci database dan satu lapis lagi untuk mengunci program.
Fitur:
  • Setting data koperasi, berisi nama koperasi (header), alamat, nomor telepon/fax, nomor badan hukum, tanggal badan hukum, pengurus koperasi (ketua, sekretaris, bendahara)
  • Setting simpanan pokok dan wajib, berisi nilai simpanan pokok dan wajib sesuai aturan koperasi masing-masing yang otomatis ditampilkan saat transaksi setoran simpanan pokok dan wajib.
  • Setting periode awal, berisi tanggal dimulainya menggunakan program koperasi KSP Multi Pinjaman.
  • Setting denda tunggakan angsuran, berisi nilai denda dalam bentuk persen atau nominal yang dapat diatur per hari atau per bulan.
Gambar Setting
  • Data anggota, berisi form untuk menginput data anggota dengan status baru, aktif, dan keluar dari keanggotaan koperasi.
  • Data pinjaman, berisi form untuk menginput data anggota yang meminjam uang koperasi. Setiap anggota yang meminjam uang diidentifikasi dengan suatu kode pinjaman dengan ”nomor urut otomatis” sehingga setiap anggota bisa meminjam lagi meskipun pinjaman yang sebelumnya belum lunas. Istilahnya adalah Multi Pinjaman.
Di data pinjaman ini terdapat informasi :
  • Jumlah simpanan anggota, fungsinya untuk membantu memberikan keputusan kepada manajemen koperasi mengenai jumlah pinjaman yang dapat diberikan kepada anggota yang meminjam.
  • Daftar peminjam, ditampilkan dalam bentuk ”list box” di sebelah kanan form pengisian data pinjaman.
  • Sistem angsuran, terdiri dari flat, pokok tetap bunga menurun dan anuitas. Bila sistem angsuran dipilih maka nilai angsuran otomatis ditampilkan.
  • Pencarian yang mudah berdasarkan nomor pinjaman, nomor anggota, nama anggota atau memilih dari list box.
Form pinjaman
  • Transaksi setoran/penarikan simpanan, berisi form transaksi untuk mencatat setoran dan penarikan simpanan pokok, wajib, sukarela, khusus. Dengan penyempurnaan bahasa pemrograman maka transaksi setoran dan penarikan dapat dilakukan sekaligus dalam satu form. Kenapa bisa? Tentu saja karena setiap transaksi diidentifikasi dengan ”sandi transaksi” yang berisi berbagai jenis transaksi seperti setoran, penarikan, administrasi, bunga dan lain-lain. Setiap setoran akan menambah simpanan dan setiap penarikan akan mengurangi simpanan. Simple bukan? Di form ini dapat diketahui saldo awal dan saldo akhir simpanan.
Form setoran/penarikan simpanan
    Form Pencairan Pinjaman
  • Transaksi pencairan pinjaman, berisi form transaksi untuk mencairkan pinjaman. Kenapa mesti ada transaksi pencairan? Secara administratif ketika anggota meminjam uang masih tercatat di data pinjaman dan supaya uang pinjaman bisa diambil anggota mesti dicairkan terlebih dahulu. Pencairan bisa berbentuk tunai atau masuk rekening simpanan. Jadi pencatatan keluar uang lebih teratur dan sistematis. Proses transaksi pencairan pinjaman lazim dijalankan di bank. Proses penyusunan program koperasi inipun tidak terlepas dari pengalaman kami (pembuat program) ketika bekerja di bank selama lebih dari 6 tahun.
  • Transaksi tagihan, berisi form daftar tagihan bulanan. Dengan adanya daftar tagihan bulanan dapat diketahui daftar anggota yang meminjam, tanggal mengangsur, jumlah angsuran tertagih (pokok dan bunga), perkiraan pendapatan bunga per bulan.
  • Transaksi pembayaran angsuran, berisi form transaksi untuk mencatat pembayaran angsuran dari anggota. Meskipun dalam program koperasi KSP Multi Pinjaman telah ditentukan tiga sistem angsuran tetapi dalam prakteknya bisa saja anggota membayar angsuran tidak sesuai dengan daftar angsuran. Dengan fasilitas ini pembayaran pokok dan bunga bisa lebih bebas atau flexible tanpa dibatasi waktu pembayaran (bisa harian, mingguan, bulanan) dan tanpa batasan nilai nominal pembayaran angsuran. Di form transaksi ini terdapat informasi yang ”aktual ” mengenai posisi pinjaman saat ini, suku bunga, angsuran yang harus dibayar, angsuran yang telah dibayar, denda tunggakan bila pembayaran melebihi tanggal angsuran dan cicilan ke berapa nya.
  • Laporan, berisi history dari transaksi setoran simpanan, penarikan simpanan, pembayaran angsuran.
  • Buku tabungan, berisi transaksi debet (penarikan simpanan) dan kredit (setoran simpanan). Buku ini disusun mirip buku tabungan di bank. Angka saldo paling bawah merupakan saldo simpanan saat ini.
  • Simpan pinjam, berisi history simpanan dan pinjaman anggota. Data dapat ditampilkan dan dicetak untuk seluruh anggota maupun sebagian anggota dengan pencarian menggunakan ”keyword” atau kata kunci.
Laporan simpanan
  • Pembayaran angsuran, berisi history pembayaran angsuran per anggota per nomor pinjaman

  • Laporan Sisa Hasil Usaha (SHU), berisi perhitungan cepat pembagian SHU dan otomatis mengalokasikan SHU kepada masing-masing anggota berdasarkan besarnya simpanan dan kontribusi bunga pinjaman.



  • Maintenance tahunan, berisi fungsi untuk memaintenance database agar program tetap berjalan normal dan optimal. Setelah maintenance ukuran database akan mengecil.


  • User dan password, berisi form untuk mengubah nama user dan password masing-masing user.
  • Bantuan, berisi data pembuat program dan petunjuk membuat backup/restore database
  • Link table manager, berisi koneksi ke database untuk jaringan dengan fasilitas ”link table manager”
Harga program? Silakan kunjungi kami di http://www.tokofamikom.com kategori Koperasi sub kategori KSP Multi Pinjaman








2 komentar:

  1. Ini nih yang saya cari. Terima kasih gan..

    BalasHapus
  2. Silakan pak jika berminat order ke http://tokosoftwarefamikom.blogspot.com

    BalasHapus

Silakan Anda berikan komentar

hosting Hosting Gratis free web site traffic and promotion Hosting Unlimited Indonesia